Halaman

Selasa, 10 April 2012

Merawat Laptop dan Netbook

Sekedar berbagi berdasarkan pengalaman yang saya alami baru-baru ini. Ampuun…monitor rusak, tebakar sisi bawah. Setelah tanya kesana kemari ternyata harganya tidak murah kisaran Rp 800 rb *mahal bagi saya. Setelah dilihat-lihat ternyata ini disebabkan oleh suhu  panas pada laptop itu sendiri, ventilasi fan tersumbat oleh kotoran, lupa menaruh di tempat yang mambuat fan tertutup dan lain sebagainya.
Berikut sekedar berbagi cara sederhana merawat Netbook/Laptop : 
Tempatkan laptop pada tempat yang stabil, dalam hal ini tempat yang padat dan tidak memungkinkan untuk terjadi adanya goncangan, karena meskipun laptop dan netbook anda didesain untuk aktivitas yang sifatnya mobile tetap saja perlu diperhatikan hal tersebut, kecuali Netbook atau laptop anda mempunyai desain khusus tahan terhadap bantingan, goncangan.

Manaruh netbook atau laptop anda di tempat yang datar supaya perangkat berisi piringan (harddisk/CD rom) dapat bekerja dengan optimal, tidak mudah tergores, dan menimbulkan kerusakan pada fisik.
Usahakan memberikan fan tambahan (cooling pad ) untuk pemakaian yang lama, sangat membantu kerja fan laptop/netbook anda


Dalam pemakaian jangan sampai baterai habis total (sampai laptop mati) karena akan mempengaruhi umur baterai,  terlalu sering adanya pengisian dan pengosongan baterai akan mempengaruhi cycle baterai (tiap baterai pasti dibatasi berapa kali pengisian dan pengosongan sampai habis), selain mempengaruhi umur baterai juga berbahaya bagi perangkat keras seperti harddisk, harddisk yang mati mendadak bisa menyebabkan kerusakan permanent.

Dalam memasang adaptor (charger) pastikan tertancap dengan benar, baik disisi laptop/netbook maupun ke stop contact AC, karena jika tidak terpasang dengan baik mengakibatkan tegangan yang masuk ke perangkat tidak stabil, bisa menimbulkan kerusakkan/terbakar di system power laptop dan charger, bahkan bisa juga menyebabkan “kelangsungan hidup” baterai terganggu.

Jangan memakai laptop atau netbook hidup dalam keadaan tanpa baterai…berbahaya kawan..!!, ada sebagian orang berpendapat bahwa saat pemakaian laptop yang cukup lama bisa menyebabkan baterai cepat rusak, itu salah..!!, jangan takut dengan baterai terus tertancap dan terus connect ke charger dan sumber listrik AC, karena saat baterai penuh otomatis proses charging juga akan berhenti dan secara otomatis sumber akan di bypass langsung ke sumber listrik AC, tentunya sudah melewati penyetabil tegangan DC pada charger. Pemakaian tanpa baterai berbahaya karena jika listrik sumbernya mati, laptop juga mati tanpa proses shutdown.

Jangan dekatkan laptop/netbook anda di dekat benda yang mengandung magnet, karena IC yang terdapat pada hardware anda sangat sensitive dengan magnet, bisa menimbulkan kerusakan, dan jauhkan handphone dari laptop dan netbook, karena handphone menghasilkan gelombang elektromagnetik…*termasuk magnet juga kan…   

Terakhir, selalu update anti virus anda, karena virus tidak menutup kemungkinan bisa menimbilkan kerusakan permanent pada hardware anda

Demikian, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar