Halaman

Jumat, 22 Februari 2013

Memilih Ban Sepeda Motor

 Jangan sekalipun meremehkan spare part yang namanya Ban, terutama bagi roda dua. Pada musim hujan seperti sekarang ini ban sangat mempengaruhi dalam berkendara, mungkin karena ban jarang dirawat menjadi keras, dan menjadi licin saat dipakai berkendara pada medan basah. Seberapapun mahal dan bagusnya ban jika tidak tepat dengan pemakaian bakal sia-sia atau bahkan mencelakakan pengendaranya.. Sedikit panduan dalam membeli ban : 

1.  Sesuaikan dengan kebutuhan, Misal ban tersebut dipakai untuh harian dengan medan yang tidak terlalu berat pilih yang semi (bisa di pakai untuk medan basah dan kering). 

2.   Ukuran ban, sesuaikan dengan berat motor dan besar mesin motor, jangan sampai membeli ban dengan ukuran yang kecil untuk motor yang berat dan tenaga yang besar, akan sangat berbahaya. Kalaupun tidak ada pilihan, sebaiknya membeli dengan ukuran yang sedikit lebih besar, mungkin efek yang ditimbulkan hanya motor menjadi kurang lincah. Ban yang sedikit lebih besar akan lebih nyaman digunakan saat dipakai untuk medan yang berkelok-kelok, karena mempunyai daya gesekan yang lebih kuat dengan medan (jalan/aspal).


3. Tahun Pembuatan Ban, biasanya menurut pangalaman saya, ban dengan tahun pembuatan melebihi 2 tahun sudah masuk dalam kategori tidak layak, kecuali ban tersebut mendapat perawatan extra, seperti rajin dibersihkan dan diolesi dengan minyak pelembab ban (semir ban). Jadi usahakan jika membeli lihat dulu tahun pembuatan, jika belum mengetahui kode tahun pembuatan yang tercantum di ban maka tidak ada salahnya “bertanya” kepada Mr Gugel.. :D. 

4.    Periksa kondisi fisik, setelah menemukan tipe ban yang akan dibeli jangan lupa  di cek kondisi fisik ban tersebut, apakah tidak ada cacat produksi atau tidak. Jika ditemukan ban dengan kondisi cacat produksi segera tukarkan (jangan meninggalkan lokasi sebelum melakukan pengecekan).


Demikian tips singkat memilih ban, mudah-mudahan bermanfaat.

Salam Safety riding
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar