Halaman

Sabtu, 22 April 2017

Panduan Sederhana Budidaya Azolla Mycrophilla

Azolla Mycrophilla kolam terpal
Budidaya Azolla Mycrophilla sebetulnya cukup gampang, kami sendiri menggunakan media plaztikdan terpal, intinya genangan air dan sedikit pupuk organilk (kebetulan melimpah di daerah sekitar kami) sebelum bibit disebar/dimasukkan ke media tersebut.
Mungkin sedikit lebih detail sebagai berikut : 
1. Tentunya bibit Azolla sudah disiapkan sebelumnya.
2. Setup kolam sebagai medianya, bisa berupa macam-macam sesuai selera, dan tempat entah berupa plastik, terpal, tembok, atau tempat dimana air bisa menggenang dan tidak mudah terserap oleh tanah.
3. Ukur kedalaman air sekitar 4-5 cm, intinya makin dekt dengan dasar air akan lebih bagus, lebih bagus karena akar dari azolla akan mudah mencapai dasar air dimana dasar air mengandung banyak unsur yang diperlukan dalam pertumbuhannya.
4. tambahkan pupuk, usahakan pupuk organik, bisa kompos, dan pupuk kandang. Bisa juga kalau mempunyai, atau disekitar ada kolam ikan, cukup mengambil air dari dasar kolam (disedot menggunakan selang), kandungan yang ada pada air kolam sudah cukup sebagai pengganti pupuk

5. Sebelum disebar bibit azolla terlebih dahulu periksa kondisi air, melalui baunya sudah bisa dijadikan acuan, kalau air masih berbau pekat (busuk), maka air tersebut masih belum bisa dipakai, kotoran masih belum terfermentasi, tunggu hingga dirasa bau sudah tidak terlalu busuk.
6. Setelah pupuk sudah terfermentasi beru ditebar bibit Azolla nya

Untuk perawatan hariannya pun cukup mudah, tidak perlu menambahkan apapun, mungkin lebih mudah dibuat point-pointnya saja sebagai berikut :
*. Pantau air pada kolam jangan sampai kering
*. Azolla sangat bergantung pada sinar matahari, jadi usahakan kolam selalu mendapat sinar matahari, akan tetapi (point selanjutnya)
*. Jika warna azolla berubah warna menjadi kuning, berarti kolam intensitas matahari terlalu berlebih, sehingga kondisi air kolam menjadi panas.

Perkembangan azolla baru nampak pada usia 1 minggu hingga 1 bulan, akan terlihat kecambah-kecambah azolla muda baru, kemudian apabila ingin menambah kolam, cukup meimindah sebagian kecil azolla  ke kolam baru tersebut, adapun stepnya sesuai sama sesuai point-point diatas

Demikian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar