Halaman

Selasa, 26 Februari 2013

Merawat Ban Motor (Versi saya sendiri)

Sebagai lanjutan dari postingan sebelumnya mengenai cara memilih ban yang tepat untuk kendaraan roda dua anda, berikut dilanjutkan dengan perawatannya, kalau di logika acuan batas waktu penggunaan ban hanya berkisar sekitar 2 tahun itu kurang tepat .. J, menurut pribadi saya kalau ban dirawat dengan baik batas waktu bisa menjadi lebih lama (pandangan awam saya saja.. hehe), kendala yang dialami jika ban sudah tidak layak pakai biasanya karet ban menjadi keras, retak-retak, penampang yang sudah tipis (kalau penampang tidak mengikuti aturan lho… begitu harus langsung diganti J ). Berikut trik yang biasa saya lakukan sebagai tindakan preventif :

1. Selalu melakukan pengecekan tekanan ban. Ban dengan tekanan yang kurang bisa membahayakan pengendara, luas penampang yang ada di ban menjadi lebih sempit, selain itu bisa juga menyebabkan kerusakan pada velg dan ban dalam.

2. Rajin membersihkan ban. Kotoran yang menempel pada ban bisa meliputi berbagai macam jenis, ada beberapa kotoran yang bisa merusak karet ban, antara lain : oli, minyak tanah, bensin,, bisa dikatakan hasil sebagian olahan minyak bumi.

3. Oles dengan pelembab (semir) ban, mudah di dapat, di bengkel-benkel atau di toko aksesoris tersedia (beli tentunya sob.. J ).

4. Jangan sampai terkena panas terlalu lama, apabila motor anda berada ditempat yang panas, atau di dekat benda yang panas, usahakan jangan terlalu lama berdekatan atau terkena panas, karena akan merusak karet ban, ban menjadi retak-retak dank eras.

5. Gunakan Jagrak Tengah, saat parkir kendaraan untuk waktu yang lama, jangan menggukan jagrak samping, gunakan jagrak tengah, karena jagrak pinggir terlalu lama akan menyebabkan penampang ban menjadi tidak rata.

Demikian aktifitas merawat ban saya sehari-hari, semoga bermanfaat bagi para pengendara kendaraan bermotor, khususnya roda dua.

Jangan lupa stop ugal-ugalan, keluarga menanti dirumah, ok..bro…!!




2 komentar:

  1. wah2...bagus2...
    gmana carane google adsense nya kok bs, aku gak sukses2

    BalasHapus